Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara / Interview. Menyambung tips dan trik lowongan kerja kemarin yang berjudul Tips Berpakaian Ketika Wawancara Kerja, kali ini lowongankerjaterbaruok.id akan melanjutkan tips yang gak kalah penting dlm pelaksanaan tes wawancara / interview. Namanya juga tes wawancara / interview, tentunya akan ada beberapa pertanyaan yanag akan di ajukan oleh petugas wawancara untuk mereka.

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

Tujuan dari tes wawancara ialah memperoleh sejumlah informasi penting yang dibutuhkan bagi mengukur aspek perilaku tertentu, dapat juga bagi mengklarifikasi ataupun mengkonfirmasi data yang sudah diperoleh, misalnya hal-hal yang tercantum dlm riwayat hidup. Pertanyaan yang diberikan ketika proses wawancara pun terkadang bersifat menjebak, oleh karena itu peserta tes wawancara harus lebih hati-hati bagi memecahkan semua pertanyaan yang diberikan. Berikut ada beberapa Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara / Interview yang dapat mereka praktekan :

 

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

1. Beritahukan kami tentang diri mereka?
Ini merupakan pertanyaan pertama kali yang sering di berikan oleh petugas wawancara untuk peserta wawancara, jawablah dengan jelas dan jangan terlalu panjang. Berikan jawaban yang mewakili empat subjek berikut: tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir terakhir.


2. Apa yang mereka ketahui tentang kami?
Harapan petugas wawancara ialah agar mereka dapat mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan perusahaan tempat dimana mereka melamar kerja. Berikan jawaban yang mengisyaaratkan pewawancara bahwa mereka meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti mereka tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberi jawaban negatif seperti “admin tahu perusahaan mereka mengalami problema-problema, itu alasan admin disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat mereka terhadap hal tersebut.

3. Apa yang dapat mereka berikan pada kami (yang orang lain gak dapat beri)?
Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang mereka telah capai. Sebutkan kemampuan dan hal-hal yang menarik perhatian mereka, gabungkan dengan sejarah mereka mencapai hal-hal itu. Sebutkan kemampuan mereka menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan memecahkan masalah

4. Apa yang paling menarik menurut mereka dari pekerjaan ini? Dan apa yang paling gak menarik?
Berikan prosentase jawaban paling menarik yang lebih besar ketimbang yang paling gak menarik. Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik dari pekerjaan yang mereka lamar dan satu hal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.


5. Mengapa kami harus merekrut mereka?
Pertanyaan ini sama seperti pertanyaan nomor tiga, sebutkan saja kemampuan-kemampuan mereka yang dapat mendukung perusahaan tersebut, jangan berlebihan dlm penyampaian kelebihan atau kemampuan mereka, karena akan terkesan menyombongkan diri.

6. Apa yang mereka cari di dlm bagian pekerjaan?
Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dlm organisasi. Beritahukan pewawancara kalau mereka ingin memberi kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yang mempersoalkan kestabilan keuangan pribadi, contoh: admin ingin bekerja karena sudah gak punya uang, orang tua admin banyak hutang, dll.

7. Menurut mereka, apa definisi dari posisi yang mereka inginkan?
Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban. Pastikan mereka mengerti posisi tersebut sebelum mereka hendak memecahkan.

8. Berapa lama waktu yang mereka butuhkan bagi memberi kontribusi berarti bagi kami?
Beri jawaban yang realistik. Beritahukan petugas wawancara bahwa mereka akan berusaha sekuat tenaga bagi dapat memberi yang terbaik bagi perusahaan.

9. Berapa lama mereka akan bersama kami?
Beritahukan pewawancara bahwa mereka tertarik berkarir bersama perusahaan tersebut.

10. Dari resume mereka, kami rasa mereka terlalu berpengalaman bagi posisi ini. Bagaimana pendapat mereka?
Ini pertanyaan jebakan. mereka diharapkan bagi selalu rendah hati namun percaya diri dengan kemampuan mereka. Cara terbaik menanganinya ialah memecahkan bahwa mereka butuh belajar banyak hal baru terutama berkaitan dengan pekerjaan baru yang mereka lamar.

11. Kenapa mereka meninggalkan pekerjaan mereka yang sebelumnya?
mereka sebaiknya memecahkan pertanyaan ini dengan gak suka berbohong namun singkat dan jelas termasuk jika hal tersebut karena mereka dipecat. Namun yang perlu diperhatikan, mereka sebaiknya jangan menyebutkan konflik pribadi. Perlu mereka perhitungkan bahwa pewawancara mungkin akan bertanya banyak soal masalah ini, jangan sampai mereka terbawa emosi, contoh: admin punya masalah untuk atasan / sesama teman gara2 pacar.

12. Apa yang mereka rasakan ketika harus meninggalkan pekerjaan mereka?
Beritahu pewawancara bahwa mereka merasa khawatir namun jangan terkesan panik. Katakan bahwa mereka menyanggupi menerima segala resiko demi mendapatkan pekerjaan yang cocok bagi mereka. Jangan menunjukan bahwa mereka lebih mementingkan kestabilan keuangan, contoh: kerja di perusahaan sebelumnya gajinya sangat kurang bagi memenuhinkebutuhan hidup.

13. Pada pekerjaan mereka sebelumnya, apa yang berkenan dengan mereka? Dan apa yang gak berkenan?
Berhati-hatilah dlm memecahkan pertanyaan ini dan kemukakan hal-hal positif. Deskripsikan lebih banyak hal yang mereka sukai daripada yang mereka gak sukai. Jangan menyebutkan masalah pribadi. Jika mereka membuat pekerjaan sebelumnya terkesan buruk, pewawancara akan bertanya-tanya mengapa mereka berada disana. Hal ini jelas mengurangi profesionalisme mereka. Contoh jawaban yang gak diperkenankan ialah: di perusahaan sebelumnya fasilitasnya sangat buruk, menu kateringnya membosankan sedang!

14. Apa pendapat mereka tentang bos mereka sebelumnya?
Ini juga pertanyaan yang harus mereka jawab dengan hati-hati. Sebisa mungkin jawablah pertanyaan ini dengan positif karena calon bos mereka akan merasa mereka akan membicarakan hal-hal tentang dia seperti apa yang telah mereka lakukan terhadap bos yang terdahulu.

15. Mengapa mereka gak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di usia mereka?
sedang-sedang ini dapat jadi pertanyaan jebakan. Beritahukan pewawancara bahwa inilah alasan mereka mencari lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan bersikap defensif.

16. Berapa gaji yang mereka minta?
Ini pertanyaan yang menggiurkan, namun pastikan mereka menyebutkan angka kisaran yang mereka yakin merupakan gaji yang pantas atau bertanya pada pewawancara berapa kisaran pada pekerjaan sejenis. Jika mereka diberi pertanyaan ini dari awal wawancara, sebaiknya mereka mengelaknya dengan mengatakan mereka ingin tahu seberapa banyak tanggung jawab yang akan mereka pegang di perusahaan tersebut. Tekankan bahwa mereka lebih mementingkan pekerjaannya namun jangan menjual standar mereka. Contoh jawaban umumnya ialah: Biarkan perusahaan yang menilai seberapa pantas gaji yang admin dapatkan.

17. Apa target jangka panjang mereka?
bagi memecahkan pertanyaan ini, mereka sedang-sedang diharuskan meneliti perusahaan tersebut dan mengetahui rencana dan/atau target mereka lalu memberi jawaban yang singkron dengan milik perusahaan. Contoh jawaban yang umum ialah : admin ingin jadi yang terbaik dlm karir pekerjaan admin.

18. Seberapa sukses yang mereka rasa telah capai?
Berikan jawaban yang positif dan percaya diri, namun jangan memberi jawaban yang berlebih. Jangan membuat pewawancara merasa mereka seorang yang suka membesar-besarkan sesuatu.

Tips memecahkan Pertanyaan Wawancara Interview

Lowongan Terbaru;

interview pt om

Advertisement
Ads 300px